Cara Mengedit WordPress Theme Dari Android Smartphone


Saya tidak tahu apakah trik ini pernah diposting (repost) di blog-blog lain sebelumnya. Tapi bila memang sudah pernah, maka saya akan menjelaskannya dengan cara yang berbeda. Who care about? Yang penting apa yang saya tulis ini mudah dipahami oleh kalian bukan?

Sebelum kita membicarakan inti dari pokok tulisan ini, saya akan menjelaskan sedikit poin penting yang ada didalam paket dari sebuah WordPress theme atau template ini.

Komponen yang paling mendasar dalam WordPress theme ini adalah;

  1. style.css
  2. header.php
  3. index.php
  4. footer.php

Dari komponen-komponen diatas saja kalian sudah dapat membuat sebuah tema WordPress yang paling sederhana. Mengenai cara membuat tema WordPress yang paling sederhana ini akan kita bahas di lain waktu. Tapi bila kalian ingin mengetahui lebih banyak, saya sarankan kalian untuk mengunjungi tautan dibawah ini sebagai referensi kalian.

WordPress theme development

Sekarang adalah pokok dari tulisan ini. Yang perlu kalian edit yaitu CSS properties dan value yang terdapat dalam berkas style.css nya.

Tolong dicatat, bahwa kalian tidak perlu mengubah atau mengedit selector nya. Baik itu class selector maupun id selector nya. Karena jika kalian mengubahnya, maka kalian juga harus mengubah seluruh komponen-komponen dari tema tersebut. Jika tidak, mereka tidak akan teraplikasikan dengan benar.

Saya akan berikan sedikit contoh dibawah ini;


.p { font-size: 12pt; text-align: justify; }

Dimana penjelasannya adalah sebagai berikut;

  • .p adalah class selector
  • font-size dan text-align adalah properties
  • 12pt dan justify adalah value nya.

Sampai disini saya anggap kalian sudah mengerti. Selanjutnya, inilah cara mengedit wordpress theme dari android smartphone.

Silahkan kalian unduh sebuah aplikasi X-Plore dari Lonelycatgames. Kalian bisa mengunduhnya di Google Play Store. Aplikasi ini dapat membaca dan mengedit berkas seperti HTML, PHP, XML, maupun TXT.

Berikut adalah langkah-langkah cara mengedit tema WordPress dari perangkat Android kalian;

  1. Buka halaman utama blog WordPress milik kalian dari browser Android. Halaman ini adalah halaman beranda atau halaman index.php atau biasa juga disebut front page.
  2. Simpan halaman. Untuk menyimpan halaman utama blog kalian tersebut dari browser Android, kalian hanya perlu menyentuh tautan header nya, lalu tahan (touch and hold). Selanjutnya akan nampak jendela sembul dan pilih “Simpan Tautan”. Browser Android kalian akan mengunduh halaman tersebut dalam format .htm.
  3. Langkah berikutnya yaitu mengedit halaman yang sudah kalian simpan tadi. Caranya; buka X-Plore kalian dan cari halaman tadi yang biasanya bernama downloadfile.htm. Setelah ditemukan, sentuh dan tahan berkas tersebut. Lalu pilih “edit text”.
  4. Cari link rel=”stylesheet” nya. Dan ganti media=”all” menjadi media=”print, screen”. Lalu simpan.
  5. Contoh;
    <link rel="stylesheet" href="/wp-content/themes/namatheme/style.css" type="text/css" media="all" />
    Menjadi
    <link rel="stylesheet" href="/wp-content/themes/namatheme/style.css" type="text/css" media="print, screen" />

  6. Langkah berikutnya adalah mengunduh berkas tema WordPress yang sedang kalian pasang tersebut. Saya sarankan untuk lebih mudahnya kalian unduh saja berkas “style.css” dari tema tersebut lalu simpan di /wp-content/themes/namatheme/. Ingat! Folder namatheme harus sesuai dengan nama theme yang sedang dipasang.
  7. Langkah selanjutnya, silahkan kalian otak-atik sendiri berkas “style.css” nya. Edit sesuai dengan keinginan kalian. Untuk melihat perubahan yang terjadi pada tema WordPress kalian, simpan terlebih dahulu setelah diedit. Lalu buka berkas “downloadfile.htm”. Dari situlah kalian dapat melihat perubahan-perubahan yang terjadi.

Bila kalian sudah selesai mengedit dan puas dengan hasil editan kalian tersebut, silahkan unggah lagi berkas “style.css” nya di tempat dimana kalian mengambilnya tadi.

Selamat berkreasi! Semua pertanyaan silahkan sampaikan kepada saya melalui kolom komentar.

5 thoughts on “Cara Mengedit WordPress Theme Dari Android Smartphone

    • Hehe… Baiknya kalau membuat tema wordpress, buatlah agar temanya responsive mas agar tampilan tetap mengikuti layar apapun pada perangkat. Terimakasih banyak telah berkomentar banyak di blog yang sederhana ini mas 🙂

Tinggalkan Komentar

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.