Web Server LEMP (Linux, Nginx, MySQL, PHP) di Android (Termux)


LEMP atau singkatan dari Linux, Nginx, MySQL, dan PHP biasa digunakan oleh banyak Pengguna-Linux dengan beragam distro untuk menjalankan web server di localhost.

Tapi bagaimana jika web server berjalan di perangkat mobile, apakah itu mungkin?

Sangat mungkin. Disini kita akan membimbing kamu agar dapat memasang dan menjalankan web server dari perangkat android.

Apakah itu akan mengeluarkan biaya?

Sangat hanpir tidak membutuhkan biaya apapun kecuali biaya paket-data atau koneksi wifi yang akan kamu butuhkan untuk dapat memasang web server di lokal perangkat android kamu. Tidak seperti memasang aplikasi web server di playstore dimana kamu akan dikenakan biaya lisensi penuh atau versi trial jika ingin menjalankan server Nginx, MySQL, dan PHP. Say Goodbye kepada aplikasi berlisensi berbayar karena ini adalah open source!

Thanks to komunitas developer open source yang mengembangkan aplikasi-aplikasi gratis hingga kita bebas menggunakannya tanpa memikirkan lisensi!

Apakah itu Termux?

Termux adalah emulasi terminal linux yang dikemas bersama paket-paket linux yang dibangun ulang disesuaikan dengan lingkungan termux. Pada dasarnya termux adalah porting dari distro Debian, karena disana kamu akan menemukan distribusi paket-paket debian walaupun tidak semua paket-paket debian mampu diporting untuk disesuaikan dengan lingkungan termux. Selain itu, termux juga memiliki API (Antarmuka Pemograman Aplikasi) yang dapat menjangkau API pada perangkat android.

Bagaimana cara memasang LEMP menggunakan Termux?

Yang paling mendasar adalah kamu harus memiliki termux terpasang di perangkatmu. Kamu bisa menginstallnya dari playstore secara gratis. Kemudian lakukan update & upgrade di dalam terminal termux untuk mendapatkan pembaruan dari paket-paket yang sudah terpasang secara default.

apt update && apt upgrade

Lanjut ke-langkah memasang paket-paket yang dibutuhkan

pkg install mariadb nginx php

Kamu juga dapat menambahkan openssl jika ingin server kamu dapat diakses melalui HTTPS. Dan melakukan sedikit konfigurasi pada server.

pkg install openssl

Berikutnya kita akan melakukan setting-up pada mariadb agar bisa dijalankan dengan normal tanpa ada pesan kesalahan di terminal.

mysql_install_db

Perintah tersebut kita jalankan untuk menginstall basis data mysql sehingga dapat menjalankan server mysql. Baru kemudian kita perintahkan mysql untuk menjalankan server.

mysqld

Sekarang server mysql kamu telah berjalan. Untuk masuk ke basis data mysql, kita perlu sekali lagi mengetik perintah di terminal.

mysql -u root -p

Secara default bila kamu masuk dengan menggunakan user root kata-sandi yang dimasukan tidak ada. Disini kita perlu mengaturnya supaya user root memiliki kata-sandi untuk menangkal isu keamanan.

mysql_secure_installation

Dengan perintah tersebut, kamu dapat mengubah kata-sandi untuk user root dan masuk menggunakan kata-sandi baru. Cukup kamu ikuti perintah interaktif yang muncul di jendela terminal hingga selesai.

Sampai disini kamu sudah memiliki LEMP di perangkatmu dan memasang framework php seperti wordpress dengan server MySQL, Nginx, dan PHP. Good Job!

Untuk menjalankan server, hanya perlu menjalankan perintah di bawah ini di dalam folder php project kamu.

php -s 0.0.0.0:8080

Maka server kamu akan berjalan di semua alamat IP yang tersedia selain daripada 127.0.0.1. Buka browser dan masukan alamat IP bersama port. Contoh: http://0.0.0.0:8080

Untuk menjalankan server nginx, tinggal ketik: nginx pada terminal.

Selamat kamu berhasil!

Iklan

2 thoughts on “Web Server LEMP (Linux, Nginx, MySQL, PHP) di Android (Termux)

    • Untuk menjalankan server, hanya perlu menjalankan perintah di bawah ini di
      dalam folder php project kamu.

      php -s 0.0.0.0:8080

      Maka server kamu akan berjalan di semua alamat IP yang tersedia selain
      daripada 127.0.0.1. Buka browser dan masukan alamat IP bersama port.
      Contoh: http://0.0.0.0:8080

Tinggalkan Komentar

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.