PHPRunner – PHP IDE aplikasi untuk menjalankan PHP dan MySQL di Perangkat Android


Satu hal lagi yang menarik untuk para pengguna perangkat Android, selain sebagai alat untuk berkomunikasi, perangkat Android memiliki banyak aplikasi yang dikembangkan oleh para pengembang aplikasi untuk bermacam-macam kebutuhan. Kali ini saya akan memperkenalkan sebuah aplikasi yang dapat menjalankan, mengeksekusi kode PHP dan MySQL di Android.

Aplikasi yang satu ini akan sangat membantu dan dapat diandalkan bila Anda adalah seorang programer PHP dan pengembang web. Anda tidak perlu membawa laptop atau duduk seharian di depan layar PC Anda, cukup hanya dengan perangkat Android Anda baik itu telepon pintar atau komputer tablet untuk melakukan semua pekerjaan tersebut.

PHPRunner – PHP IDE aplikasi yang dikembangkan oleh Nick Software ini dapat berjalan di perangkat Android 2.3.3 hingga  keatas, yang dilengkapi dengan;

  • PHP 5.4.9
  • MySQL
  • Lighttpd server

Fitur-fitur yang ada dalam aplikasi ini pun cukup banyak, seperti; Run php scripts, Installation and running PhpMyAdmin, View Site, View HTLM code of the page, View Cookies, Logviewer, Autostart when the Android power on dan fitur-fitur lain yang sedang dalam pengembangan seperti File Manager dan Code Editor.

Cara instalasinya pun sangat mudah.

Untuk menginstal aplikasi ini, Anda tinggal masuk ke akun Google Anda dan menginstal PHPRunner – PHP IDE dari Google Play Store.

imageimage

Aplikasi ini hanya membutuhkan ruang penyimpanan sebesar 15MB dan akan bertambah sekitar 25MB lebih setelah penginstalan PHP dan PhpMyAdmin selesai.

Buka aplikasinya dan jalankan. Kemudian tekan tombol “Install” yang ada di bagian paling atas dan tunggu proses hingga selesai. Selanjutnya, tekan tombol “Install PhpMyAdmin” yang terdapat di bagian bawah.

Setelah Anda menyelesaikan semua prosesnya, untuk menjalankan PHP dan MySQL, lakukanlah dengan cara menekan tombol “Start”.

Server PHP Anda akan berjalan pada localhost perangkat Anda dengan menggunakan http port 8080.

Untuk mengaksesnya pengembang menyarankan menggunakan Opera Mini, namun juga dapat diakses melalui aplikasi browser pabrik yang sudah terinstal.

Buka browser Anda dan akses alamat http://localhost:8080/ atau http://127.0.0.1:8080/

Sedangkan untuk PhpMyAdmin, Anda tinggal mengakses alamat http://localhost:8080/phpmyadmin/ atau http://127.0.0.1:8080/phpmyadmin/

Jika Anda ingin menjalankan dan mengeksekusi kode PHP, letakanlah kode-kode tersebut di root Sdcard -> htdocs folder atau /mnt/sdcard/htdocs/

Itu saja! Silahkan mengembangkan aplikasi web Anda sendiri melalui perangkat Android Anda.

4 thoughts on “PHPRunner – PHP IDE aplikasi untuk menjalankan PHP dan MySQL di Perangkat Android

  1. Ping-balik: Menginstall dan Menjalankan WordPress Self-hosted Secara Offline di Localhost Perangkat Android Anda | Apa Yang Saya Punya Hari Ini?

Tinggalkan Komentar

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s