Menginstall dan Menjalankan WordPress Self-hosted Secara Offline di Localhost Perangkat Android Anda


Sebelumnya saya pernah menulis artikel tentang cara menginstal WordPress di localhost  Komputer Windows dengan menggunakan XAMPP. Dan pada kali ini saya akan memberitahu Anda bagaimana caranya menginstall dan menjalankan WordPress Self-Hosted secara offline di Localhost perangkat Android Anda.

Android adalah suatu sistem operasi berbasis Linux yang dikembangkan oleh Android  Inc dengan dukungan finansial dari Google Inc, yang kemudian di beli oleh Google  pada tahun 2005.

Pada awalnya sistem operasi Android memang dirancang untuk perangkat seluler dengan layar sentuh seperti telepon pintar dan komputer tablet , hingga terus mengalami perkembangan dan digunakan pada perangkat-perangkat elektronik lainnya seperti televisi, kamera digital, kacamata pintar, jam tangan dan pada konsol permainan.

Dengan sistem operasi sumber terbuka yang kodenya di bawah lisensi Apache, mendorong munculnya komunitas pengembang aplikasi dalam jumlah yang besar dan terus tumbuh dari tahun-ke-tahun untuk menggunakan kode sumber terbuka sebagai dasar untuk membuat proyek aplikasi mereka.

Sebagai contoh, aplikasi untuk menjalankan dan mengeksekusi skrip PHP di perangkat Android dengan dukungan MySQL. Adalah PHPRunner – PHP IDE yang dikembangkan oleh Nick Software, dibuat untuk para pengembang web yang ingin mengembangkan dan menjalankan aplikasi web mereka melalui perangkat Android.

Lihat artikel saya  PHPRunner – PHP IDE Aplikasi Untuk Menjalankan PHP dan MySQL di Perangkat Android untuk manual instalasinya.

Setelah PHPRunner – PHP IDE berhasil terinstal dan berjalan di perangkat Android Anda, silahkan buka browser dan ketik http://127.0.0.1:8080/phpmyadmin/, kemudian Load Halamannya.

Saya sarankan Anda untuk mengubah password MySQL saat pertama kali agar dapat digunakan dengan mudah tanpa ada masalah, karena saya pernah mengalami masalah saat pertama kali mengkonfigurasi “wp-config.php” dan mengisi nama basis data tanpa password.

Buatlah sebuah basis data  baru, Anda bisa menamakannya apa saja. Saya memberikan nama “wordpress” untuk basis data yang akan digunakan nanti.

Berikutnya, isi collation dengan “utf8_unicode_ci”, kemudian klik “create”.

Basis Data MySQL  Anda telah siap digunakan untuk WordPress!

Langkah selanjutnya adalah dengan mengunduh berkas WordPress dari WordPress.org.

Buka file manager Android Anda, untuk lebih mudah, gunakan aplikasi Root Explorer atau X-Plore yang dapat mengunzip berkas ZIP. Jika belum terinstall di perangkat Android Anda, gunakan Google Play Store untuk mencari dan menginstall aplikasi yang saya sebutkan.

Unzip berkas WordPress yang sudah Anda unduh ke folder /SDcard/htdocs/.

Sekarang buka browser dan pergi ke halaman http://127.0.0.1:8080/wordpress/,

Isi kolomnya dan gunakan value berikut untuk menginstall wordpress.

  • Nama Basis Data : wordpress (nama yang Anda pilih sendiri untuk membuat basis data)
  • Nama Pengguna : root
  • Kata Sandi : (kata sandi untuk basis data Anda)
  • Host : 127.0.0.1
  • Table prefix : wp_ (Anda bisa menambahkan nama prefix wp_01 atau semacamnya bila ingin menginstall wordpress di basis data yang sama)

imageimageimageimageimageimageimage

Itu saja! WordPress telah dapat digunakan di localhost perangkat Android Anda. Selamat menulis, mengembangkan plugin dan tema WordPress dimanapun Anda berada!

One thought on “Menginstall dan Menjalankan WordPress Self-hosted Secara Offline di Localhost Perangkat Android Anda

Tinggalkan Komentar

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s