Tips SEO Untuk Blogger Pemula


Bicara mengenai SEO (Search Engine Optimization) memang tak kan ada habis-habisnya. Begitu banyak master-master SEO yang membuat tulisan mengenai tips dan triknya di blog maupun website mereka masing-masing. Siapa sih yang tidak mau mendapatkan tempat pertama di hati para search engine website khususnya Google? betul gak?

Namun bukanlah suatu barang yang mudah untuk saya yang seorang blogger pemula ini dan mungkin teman-teman lainnya yang status blogger nya masih newbie seperti si kemas ini🙂.

Hmm… Tapi teman-teman tidak perlu berkecil hati. Bukankah ada pepatah yang mengatakan “Banyak jalan menuju Roma”. Artinya, banyak cara yang ditempuh untuk mendapatkan cita-cita kita agar berhasil didalam pekerjaanya. Tentu saja cara tersebut bukan cara yang menyalahi aturan alias halal🙂

Karena saya menggunakan WordPress untuk menerbitkan konten-konten tulisan saya, maka saya akan memberikan sedikit tips yang mungkin berguna dan dapat bermanfaat buat teman-teman seperjuangan dirumah virtual kita ini (hehe anggap saja blog ini adalah rumah virtual kita).

Menerapkan SEO di blog WordPress ini sebenarnya tidaklah sulit kok, tidak kalah dengan blog milik tetangga sebelah yang notabene kata orang-orang lebih ramah lingkungan. Loh kok ramah lingkungan sih? hahaha maksudnya ramah SEO gan😀

Bagi saya sebenarnya sama saja, tergantung sama diri pribadi kitanya aja mau optimis atau tetep pesimis. Betul?

Kalau mau menerapkan SEO ya mesti kudu optimis gan. Namanya ja Search Engine Optimization kan ada kata optimisnya tuh😀

Supaya berhasil, optimis itu kudu diiringi sama yang namanya usaha dan selanjutnya serahkan saja sama Yang Maha Kuasa.

Dari tadi ceramah mulu yak wkwkwkwkwk… ane kagak ceramah gan, cuma sedikit sersan (serius tapi santai) ja biar otak kagak mumet. Ini saja jari-jari ane hampir jadi keriting kayak mie😀

Oke, berikut ini ane kasih tips-tipsnya buat teman-teman tercinta dan seperjungan:

  • Buatlah sebuah tajuk/judul yang mengandung sebuah keyword. Gunakan Google Search untuk mengetahui keyword yang relevan dengan isi tulisan kalian. Lalu pilihlah salah satunya untuk dijadikan tajuk/judul tulisannya. Contoh tajuk tulisan ini yang mengandung keyword Tips SEO untuk pemula.
  • Sisipkan sebuah Anchor link yang mengarah kembali kepada tulisan tersebut dan letak kan di awal atau paragraf pertama. Hati-hati jangan terlalu banyak anhcor link, nanti bisa-bisa dianggap spam oleh Google. Cukup satu saja namun pilih letak yang kira-kira tepat (Recommended on the first paragraph).

Lihat gambar.

Lihat posisi kalimat yang telah diberi anchor link pada gambar diatas.

  • Gunakan Recommended Links yang diberikan oleh WordPress ketika mengedit sebuah tulisan yang terletak tepat dibawahnya. Gunakanlah link yang tepat dengan isi tulisan kalian.

Lihat Gambar.

  • Gunakan Recommended Tags yang juga diberikan oleh WordPress. Pilih yang relevan dengan isi tulisan kalian.

Lihat Gambar.

Recommended Links dan Recommended Tags diatas adalah link eksternal yang direkomendasikan oleh WordPress. Link-link tersebut adalah link yang berkualitas yang dapat mendongkrak posisi tulisan kita di search engine.

  • Hati-hati dalam memilih link eksternal yang situs atau blognya telah dianggap spam oleh Google atau situs-situs yang dianggap berbahaya. Karena dikawatirkan nanti kita juga ikut terkena dampaknya.

Dibawah ini bukti-bukti dari tips-tips diatas yang ane terapkan di blog ini gan, semoga dapat memacu semangat agan-agan semua dan mohon maaf yang sebesar-besarnya karena ane cuma mau berbagi, bukan untuk menyombongkan diri. Karena mungkin kelak juga peringkat tulisan ane di Google Search bisa digeser oleh tulisan-tulisan agan🙂

Gambar hasil pencarian di Google untuk Cara Instal WordPress Di Localhost.

Gambar hasil pencarian Cara Instal Xampp Di Windows.

Gambar hasil pencarian Cara Pasang Widget Lintas Berita Di WordPress.

Gambar hasil pencarian Posting Tulisan Di Blog Melalui Email.

Gambar hasil pencarian Twitter Dan Facebook Font Gratis.

Gambar hasil pencarian Glossy Smiley.

Kira-kira cukup sampai disini dulu tips-tips nya dari ane. Kalau ada tips-tips yang baru, pasti akan ane share lagi kepada teman-teman semua disini. Dan satu hal lagi pesan ane, kalau mau belajar dan mengembangkan SEO, belajarlah kepada yang lebih berpengalaman. Karena ane juga pemula yang sama seperti kalian🙂

Kalau ada kekeliruan atau kesalahan dalam tulisan ini, mohon untuk tanggapan teman-teman agar kelak bisa ane perbaiki di tulisan-tulisan berikutnya.

8 thoughts on “Tips SEO Untuk Blogger Pemula

  1. Luar biasa ulasannya gan… banyak blog blog yang bertemakan cara meningkatkan SEO namun hanya berputar putar di ceramah ceramah yang sama… namun tulisan agan tepat mengena pada maksud dan tujuan sesuai judul. Saya jadi nyaman untuk mengupas tuntas semua artikel di blog agan ini. Sukses ya🙂

Tinggalkan Komentar

