Cara Instal WordPress Di Localhost Dengan Menggunakan Xampp


Seperti janji ane sebelumnya, kali ini ane akan menulis artikel tentang cara menginstal WordPress di localhost dengan menggunakan XAMPP.

Menginstal WordPress di localhost tidaklah sesulit yang kalian bayangkan jika kalian telah menginstal XAMPP di Windows sebelumnya. Dan selain daripada itu, dengan menjalankan WordPress di localhost pada perangkat komputer kalian, kalian akan mendapat banyak manfaatnya seperti menggunakannya untuk membackup artikel-artikel kalian di WordPress.com dengan menggunakan tools import, atau sebaliknya kalian ingin membuat sebuah konsep artikel terlebih dahulu sebelum mengekspornya ke blog WordPress kalian untuk dipublikasikan. Dengan menjalankan WordPress di localhost, kalian juga dapat belajar mengembangkan tema, bahkan plugin yang telah kalian buat untuk di test terlebih dahulu.

Apakah kalian tertarik?

Mari kita bahas langkah-langkah penginstalannya.

Pertama kali, silahkan download terlebih dahulu WordPress versi terkini di website wordpress.org.

  1. Bongkar atau unzip berkas yang telah kalian unduh tersebut ke c:\xampp\htdocs (keterangan: folder ini adalah tempat semestinya untuk menginstal aplikasi-aplikasi berbasis web layaknya root public_html yang terdapat di hosting-hosting provider pada umumnya).
  2. Buka browser kalian seperti Mozilla, Internet Explore, atau Google Chrome, Opera, atau browser apapun yang sedang kalian gunakan.
  3. Pada address bar di browser kalian, masukan atau ketik http://localhost dan “Enter”, secara otomatis akan membawa kalian ke http://localhost/xampp/.
  4. Pada halaman tersebut gulir kebawah (scroll down to tools > phpMyAdmin) klik phpMyAdmin tersebut atau bisa juga dengan mengakses http://localhost/phpmyadmin/.  
  5. Buatlah sebuah Database baru “Create Database” dengan nama “wordpress” dan isi Collation-nya dengan “utf8_unicode_ci”. Klik “Create” dan tunggu beberapa detik hingga proses selesai.
  6. Buka http://localhost/wordpress/
  7. Create a Configuration File.
  8. Pada halaman berikutnya klik saja “Let’s go!”
  9. Selanjunya isi Database Name dengan wordpress, User Name dengan root, Password dikosongkan saja karena tidak diperlukan jika menggunakan user name root, kecuali kalian membuat sebuah user baru. Isi Database Host dengan localhost, Table Prefix dengan wp_, dan klik “submit”.
  10. Setelah semua siap, pada halamn selanjutnya klik “Run the install”.
  11. Kalian akan dibawa pada halaman Welcome untuk mengisi data situs yang diperlukan. Isi Site Title, Username, Password, dan Email sesuai pilihan kalian. Pada Privacy, jangan centang “Allow search engines to index this site. Dan klik “Install WordPress”.
  12. Setelah instalasi sukses dijalankan, silahkan login dengan Username dan Password yang sudah kalian isikan tadi.
  13. Selamat blogging di WordPress localhost kalian :)

Bagaimana, tidak terlalu sulit bukan?

Silahkan berikan tanggapan kalian, atau kalau masih ada yang mau ditanyakan sama ane, Insya’Allah pasti akan ane jawab kalo sempet :D

NB: Cara ini hampir sama dengan menginstal WordPress di layanan hosting dengan mengunggah WorPress di root public_html atau htdocs.

About these ads

67 thoughts on “Cara Instal WordPress Di Localhost Dengan Menggunakan Xampp

  1. I’ve been browsing online more than three hours today, yet I never found any interesting article like yours. It is pretty worth enough for me. In my view, if all webmasters and bloggers made good content as you did, the web will be a lot more useful than ever before.

    • Sebenarnya ada dua cara yang bisa dilakukan:

      1. Upgrade akun wordpress.com Anda,
      2. Dengan cara mendaftar di web hosting yang berbayar, kemudian menginstal wordpress di hosting tersebut.

      saya lebih suka dengan cara yang kedua, karena dengan menginstal wordpress di self hosting tersebut, selain dapat menginstal sendiri tema gratisan hingga yang berbayar, Anda juga dapat menginstal beberapa plugin yang Anda sukai.

      Silahkan lihat di situsnya http://wordpress.org. Disana juga sudah disediakan wordpress yang berbahasa Indonesia.

  2. gan saya mau nanya ane kan ada sdah ad buat database wordpress nya dengan folder berita trus ane install ulang n ane insstall lagi xampp nya. pertanyaan nya gmana masukkan folder yg kita buat sebelumnya yg didalmnya udah banyak artikel. n klo lgsung copas aj lgsung eror. mhon pencerahannya!

  3. Ping-balik: cara install wordpress di localhost - 10 MM SMK Muh Simo

  4. gan,
    udah gw ikutin smuanya, lanacar2 aja sampe waktu gw mw install wordpress(dlm tutorialnya agan adlh tahap mengetik http://localhost/wordpress/ …bgt gw ketik malah object no found gan…gw dah nyobain semalaman tetep aja gitu…smpe gw uninstall xampp dulu,trus gw instal kembali takutnya kl ada kesalahan install xampp,,tp xampp berjalan baik…hanya object no found katanya gan…mohon petunjuk

  5. Ping-balik: Cara Instal WordPress Di Localhost Dengan Menggunakan Xampp | Hayyu Vidia

  6. gan, gimana cara nyambungin wordpress yg udah dibuat dengan wordpress yang di local host? soalnya wordpress yg asli dengan yg di localhost beda ne, mohon bantuannya ya gan..

  7. Ping-balik: Cara Menginstall WordPress Dengan Localhost XAMPP | Annisa Ulfa's World

Tinggalkan Komentar

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s